v
Menurut
para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut :
ü
Stoner
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui
mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
ü
James
D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan
manusia untuk mencapai tujuan bersama
ü
Chester
I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas
kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
ü
Stephen
P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang
dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat
diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
v
Ciri-ciri
organisasi yaitu :
ü
Adanya
komponen ( atasan dan bawahan)
ü
Adanya
kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
ü
Adanya
tujuan
ü
Adanya
sasaran
ü
Adanya
keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
ü
Adanya
pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
v
Unsur-unsur
Organisasi :
ü
Unsur
pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu
keterlibatan mental dan perasaan.
ü
Unsur
kedua adalah kesediaan memberi sesuatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan
kelompok.
ü
Unsur
ketiga adalah unsur tanggung jawab.
v
Pendekatan
organisasi :
ü
Pendekatan
pencapaian tujuan
ü
Pendekatan
sistim
ü
Pendekatan
stakeholders
ü
Pendekatan
nilai-nilai bersaing
v
Prinsip
Prinsip Dari sebuah Organisasi :
ü
Organisasi
Harus Mempunyai Tujuan yang Jelas
ü
Harus
ada kepemimpinan
ü
Harus
ada pembagian pekerjaan
ü
Organisasi
harus ada tanggung jawab
0 comments:
Post a Comment