rss
email
twitter
facebook

Monday, April 22, 2013

Biaya dan Penerimaan


1. Pengertian Biaya

Biaya adalah kurva yang menunjukkan saling berhubungan antara jumlah biaya produksi dengan tingkat output yang dihasilkan. Sedangkan yang dimaksud dengan biaya produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor-faktor produlsi yang gunanya untuk memproduksi output atau pengeluaran.

2. Macam-macam biaya diantaranya sebagai berikut :

1. Total Fixed Cost (Onkos Total Tetap)Total Fixed Cost atau yang disebut juga biaya total tetap adalah jumlah biaya yang tetap dan yang tidak dipengaruhi oleh tingkat produksi. Sebagai contohnya adalah sewa, penyusutan dan sebagainya.

2. Total Variabel Cost (Biaya Variabel Total)Total Variabel Cost atau bisa juga disebut biaya variabel total adalah jumlah biaya yang dibayarkan yang besarnya berubah menurut tingkah yang dihasilkan. Sebagai contohnya adalah tenaga kerja, biaya bahan mentah dan sebagainya.

3. Total Cost (Biaya Total)Total Cost atau yang lebih dikenal sebagai Biaya total adalah penjumlahan antara biaya total tetap dengan biaya variabel.
TC = TFC + TVC4) 

Average Fixed Cost (Biaya Tetap Rata-rata)Average Fixed Cost atau bisa juga disebut biaya tetap rata-rata adalah biaya tetap yang dibebankan kepada setiap unit output.
AFN = TFC = Q = TINGKAT OUTPUTQ5) 

Average Fixed Cost (Biaya Variabel Rata-rata)Average Fixed Cost atau yang lebih dikenal sebagai biaya variabel rata-rata ini adalah biaya variabel yang dibebankan untuk setiap unit output.
AVC = TVCQ6) 

Average Total Cost (Biaya Total Rata-rata)Average Total Cost atau bisa juga disebut dengan biaya total rata-rata adalah suatu biaya produksi yang dibebankan untuk setiap unit output.
ATC = TCQ7) 

Marginal Cost (Biaya Marginal) Marginal Biaya atau bisa juga disebut dengan biaya marginal yaitu tambahan atau berkurangnya suatu biaya total karena bertambahnya ataupun berkurangnya suatu unit output.
MC = TC = TVCQ Q

3 comments:

johan supriyanto said...

Pengertian Biaya rata-rata?

johan supriyanto said...

Biaya Tetap merupakan?

farida said...

Thanks ya, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena artikel sangat membantu saya dalam memahami materi tentang Prilaku Biaya Aktivitas. Kunjungi juga ya MAPPING PRILAKU BIAYA AKTIVITAS

Post a Comment